Sabtu , 24 Juni 2017
iden

Asean RCEP Solusi Untuk Pembangunan Atau Penghancuran

Perubahan arah globalisasi ekonomi dunia yang berdampak pada perubahan paradigma yang memandang perlunya penguatan ekonomi tidak lagi hanya dilakukan secara bilateral tetapi melalui kerja sama kawasan membuat Indonesia menginisiasi kerjasama ASEAN RCEP(Regional Comprehensive Economic Partnership) pada tahun 2011dengan 6 negara mitranya yang meliputi China, Australia, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan dan India.

RCEP semakin menjadi pusat perhatian dunia, ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan menarik diri dari TPP (TransPasificPartnership). TPP yang dikenal sebagai Mega FTA atau FTA++ yang lebih merepresentasikan kepentingan TNCs dari pada kepentingan nasional. Meskipun saat ini TPP dianggap mati suri, akan tetapi materi perjanjiannya terus didorong untuk diadopsi kedalam RCEP, hal ini terlihat dari kemiripan isi perjanjian TPP dan bocoran dokumenRCEP.

Selengkapnya : ASEAN-RCEP-SOLUSI-UNTUK-PEMBANGUNAN-ATAU-PENGHANCURAN

Check Also

Oral Statement IGJ in the Stakeholder Meeting With RCEP Trade Negotiation Committee (TNC) on 16th Round of RCEP Negotiation

Oral Statement Indonesia for Global Justice In The Stakeholder Meeting With  RCEP Trade Negotiation Committee …

Tinggalkan Balasan