Jumat , 26 April 2019
iden
Pasien dengan penyakit tertentu membutuhkan obat yang sangat mahal untuk bisa bertahan hidup (Foto: iStock)

Harapan Jelang Debat Cawapres, Lindungi Akses Obat Murah

Jakarta – Koalisi Obat Murah menyuarakan harapan menjelang debat cawaprespada Minggu (17/3/2019) yang salah satu topiknya adalah kesehatan. Harapan tersebut adalah akses obat murah untuk memenuhi hak masyarakat atas kesehatan.

“Tersedianya obat yang tidak terlalu mahal akan menghemat anggaran penyakit katastropik, yang juga berdampak baik pada tanggungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan,” kata Staff Riset dan Advokasi Isu Kesehatan dan Perburuhan Indonesia for Global Justice (IGJ) Muhammad Teguh Maulana, dalam riset yang diterima detikHealth pada Sabtu (16/3/2019).

Teguh menduga, tingginya harga obat penyakit katastropik menjadi salah satu penyebab masih terjadinya defisit BPJS Kesehatan di Indonesia. Penyakit katstropik adalah gangguan yang membahayakan jiwa, berisiko menimbulkan komplikasi, dan perlu biaya penanganan yang tinggi.

Dalam data IGJ, penyakit katastropik gangguan jantung menelan biaya pengobatan hingga 52 persen. Selanjutnya adalah kanker sebesar 16 persen, stroke dengan 13 persen, gagal ginjal sebesar 12 persen, talasemia atau kelainan darah dengan 2,3 persen), hemofilia atau gangguan pembekuan darah sebesar 1,7 persen, 1,6 persen untukk hepatitis, dan 1,5 persen untuk leukimia.

Selain untuk penyakit katastropik, akses obat yang lebih mudah juga harus diperoleh penderita penyakit langka. Minimnya ketersediaan obat, mengakibatkan keluarga pasien harus berburu hingga luar negeri. Ketua Yayasan Hipertensi Paru Indonesia Indriani Ginoto berharap debat bisa memberi alternatif akses obat langka yang lebih mudah misal memangkas perizinan di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), memotong pajak, dan menyediakan versi generik.

Sumber >>>https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4470645/harapan-jelang-debat-cawapres-lindungi-akses-obat-murah

Check Also

Pernyataan Sikap Koalisi MKE Terhadap Perundingan Indonesia EU CEPA

Pernyataan Sikap Koalisi Masyarakat Sipil untuk Keadilan Ekonomi Terhadap Perundingan Indonesia EU CEPA Kaji Ulang IEU …

Tinggalkan Balasan