Warta Ekonomi.co.id, Jakarta – Indonesia for Global Justice (IGJ) sebagai organisasi yang fokus pada isu-isu pasar bebas, meminta pemerintah untuk memperhatikan sektor pertanian, terlebih dalam peringatan Hari Tani Nasional yang jatuh hari ini, Senin (24/9/2018).

Dalam rilis yang diterima redaksi Warta Ekonomi, Senin (24/9/2018), IGJ menilai bahwa kedaulatan di sektor pertanian akan terwujud bila dibarengi dengan kesadaran dan konsistensi membangun pertanian Indonesia. Pasalnya ancaman terhadap kedaulatan pertanian di era pasar bebas dinilainya bukan lagi wacana, melainkan fakta.

“Oleh sebab itu, harus saling bahu membahu dalam memperjuangkannya. Untuk itu, Hari Tani Nasional dapat dijadikan momentum peningkatan kesadaran akan bahaya dan ancaman pasar bebas yang semakin nyata.”

Adapun beberapa hal yang diminta IGJ kepada pemerintah dalam sektor pertanian, antara lain:

1. Tingkatkan subsidi di sektor pertanian dan pastikan subsidi pertanian sampai kepada para petani.

2. Hentikan perundingan perjanjian perdagangan bebas dan investasi yang merugikan pertanian Indonesia. Serta pemerintah harus melakukan review perjanjian Free Trade Agreement (FTA) yang merugikan sektor pertanian.

3. Perhatikan kesejahteraan para petani hingga asuransi kesehatannya.

4. Mengutamakan hasil produksi pertanian dalam negeri daripada impor.

5. Mengutamakan peningkatan daya saing petani dan pertanian dalam negeri.

6. Hentikan aktivitas investasi yang merampas lahan pertanian. Serta berikan kedaulatan pada petani dalam menentukan arah pertanian.

7. Wujudkan reforma agraria sejati.

Sumber >>> https://www.wartaekonomi.co.id/read196409/hari-tani-nasional-7-hal-ini-diminta-jadi-perhatian-pemerintah.html