Warta Ekonomi.co.id, Jakarta –

Posisi Indonesia tertinggal dari negara-negara tetangga, seperti Vietnam, Thailand, Brunei Darusalam, Malaysia, dan Singapura dalam penggunaan internet. Indonesia berada pada kelompok pengguna 51% hingga 75%.

“Hingga akhir tahun 2016, jumlah orang yang belum menggunakan internet di dunia adalah 3,9 milyar orang atau sekitar 53% dari seluruh populasi dunia,” kata Peneliti Senior Indonesia for Global Justice (IGJ), Olisias Gultom, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Menurut Olisias, pertumbuhan industri telekomunikasi mengalami pertumbuhan sebesar 9%, yaitu dua kali lebih besar dari pertumbuhan nasional yang sebesar 4,8%. “Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan komunikasi di Indonesia tergolong tinggi dan telah menjadi bagian dari kebutuhan dasar,” paparnya.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa data tersebut menunjukan kebutuhan atau potensi pasar untuk penggunaan internet di Indonesia masih tinggi dan sangat berpotensi untuk berkembang.

“Pada tahun 2016, data We Are Social memperlihatkan bahwa pertumbuhan penggunaan internet dan sosial media menunjukkan pertumbuhan yang cukup tinggi. Pengguna aktif internet mengalami pertumbuhan 21% dan pertumbuhan pengguna aktif sosial media berada pada pertumbuhan 19%. Angka ini menunjukan peningkatan yang signifikan dan potensi yang semakin berkembang,” tukasnya.