Senin , 22 Juli 2019
iden

Grace Joanessa Kuncoro Putri

Testimoni Praktik Kerja Lapangan

Grace Joanessa Kuncoro Putri

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Iisip) Jakarta

 

Setelah mendapatkan informasi dari seorang teman yang telah lebih dahulu mengetahui adanya lembaga Indonesia for Global Justice (IGJ), saya pun menelusuri situs web resmi IGJ dan membaca visi dan misinya yang berfokus pada isu ekonomi politik internasional tentang liberalisasi perdagangan. Dengan latar belakang saya yang mengambil program studi S1-Hubungan Internasional di Kampus IISIP Jakarta, saya merasa sangat cocok dan berminat untuk menambah ilmu pengetahuan dan ide-ide yang tentunya akan menjadi solusi dalam mengatasi isu perdagangan internasional dan berkontribusi secara langsung agar mampu menganalisis secara kritis tentang isu tersebut dalam perspektif hubungan internasional dengan terlibat dalam kegiatan magang di IGJ.

Selama periode satu bulan mengikuti kegiatan magang di IGJ, dengan tiga hari kerja dalam seminggu, kegiatan yang telah dijalankan adalah:
1. Membuat resume untuk menambah wawasan tentang WTO
2. Mencari dan menganalisis tentang studi kasus WTO: Indonesia-Australia terkait kebijakan Australia dalam penerapan kemasan rokok polos
3. Mencari data dan menganalisis tentang pergeseran lahan pertanian di Indonesia selama lima tahun terakhir (Periode 2012-2016)
4. Mencari data dan membuat resume tentang analisis terkait investasi asing di sektor pertanian
5. Memantau perundingan Indonesia-EU CEPA yang di ke-6 di Palembang dan membuat resume tentang analisis dari pembahasan bab-bab dalam perundingan tersebut
6. Mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi VI-DPR tentang 6 perjanjian perdagangan internasional dan mencatat poin-poin pembahasannya
7. Memantau Konferensi Kelautan Sedunia atau Our Ocean Conference (OOC) 2018 yang dilaksanakan di Bali dan membuat resume terkait komitmen negara yang terlibat OOC dan poin pembahasan isu dalam OOC 2018
8. Mempresentasikan hasil tugas magang tentang OOC 2018 dan diskusi bersama

Berdinamika bersama di IGJ merupakan suatu hal yang sangat berharga dan bermanfaat bagi saya. Dalam suasana kerja yang dinamis dan fleksibel Selama satu bulan periode magang, banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Kegiatan magang diisi dengan aktivitas yang sangat edukatif seperti mempelajari lebih dalam mengenai WTO, menganalisis kasus dan dampak yang akan diperoleh negara terkait perdagangan internasional, mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR, dan memantau bagaimana perundingan kerja sama perdagangan internasional akan berdampak pada Indonesia. Saya pribadi merasa bahwa kegiatan/tugas yang diberikan oleh IGJ sangat membantu saya dalam menganalisis fenomena HI yang tentunya membuat kemampuan berpikir saya menjadi lebih kritis. Selain itu, dengan adanya tugas-tugas yang diberikan juga membantu saya untuk meningkatkan kemampuan menulis (seperti membuat catatan dan laporan) yang sangat diperlukan bagi mahasiswi seperti saya sebagai bekal untuk menyusun skripsi dan mempersiapkan diri dalam dinamika dunia kerja.

Semoga IGJ semakin semakin kompak dan kuat dalam memperjuangkan Indonesia untuk memperoleh keadilan dalam setiap kerjasama internasional khususnya dalam bidang ekonomi.

Sebagai satu-satunya NGO yang bergerak pada isu perdagangan internasional sebaiknya setiap hasil riset yang dilakukan oleh IGJ tentang fakta-fakta tentang kerjasama ekonomi sebaiknya dibukukan dan dipublikasikan karena akan menjadi sumber pengetahuan dan berguna bagi banyak orang khususnya yang akan mendalami isu ekonomi politik internasional serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perjuangan yang dilakukan oleh IGJ.

Check Also

Nada Nailah

Testimoni Praktik Kerja Lapangan Nada Nailah Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta   IGJ salah …

Tinggalkan Balasan