Rabu , 23 Agustus 2017
iden

Perdagangan yang Memiskinkan

serie 1Perdagangan yang Memiskinkan

Penulis:
IGJ

Deskripsi:
Buku setebal 70 halaman adalah terbitan dari Institute for Global Justice, dan merupakan terjemahan dari tulisan Patrick Bond.

Ringkasannya sbb:

Bagaimana sebuah bangsa menjadi makmur menjadi salah satu studi dalam ilmu-ilmu ekonomi. Salah satu jalannya adalah dengan meningkatkan perdagangan dengan luar negeri. Perdagangan dianggap sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan. Demikian juga yang dijalani oleh bangsa-bangsa yang belum ?berkembang? seperti di negara-negara Afrika, Asia, dan Amerika. Negara-negara tersebut berharap dengan meningkatkan volume perdagangannya dapat meningkatkan devisa dan modal di dalam negeri.

Patrick Bond, seorang ekonom dari Afrika Selatan dalam buku ini menunjukkan bahwa perdagangan justru membuat bangsa-bangsa di Afrika lebih miskin. Afrika menurut Bond, telah diperangkap oleh sistem pasar yang dari sejak lepas dari penjajahan model lama dimana senjata menjadi alat kekuasaan. Dari hutang luar negeri yang disertai berbagai persyaratan, pembangunan dengan model tanaman berorientasi ekspor sampai pada yang paling mutakhir adalah melalui model perjanjian perdagangan mulitlateral.

Check Also

Access Delayed = Access Denied

About a third of the global population today or around 2 billion people have no …

Tinggalkan Balasan