Sabtu , 25 November 2017
iden

Indonesia gencar bangun infrastruktur, Jerman kecipratan untung

Merdeka.com – Rencana pemerintah Indonesia untuk mendorong pembangunan sektor infrastruktur mendapat sambutan dari pemerintah Jerman. Pasalnya, proses tersebut akan banyak melibatkan perusahaan-perusahaan konstruksi asal Jerman.

“Saya yakin ekspor mesin konstruksi meningkat, juga sebagian proyek infrastruktur di Indonesia menggunakan major role perusahaan konstruksi Jerman,” tutur Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel, di kantor wapres, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (12/1).

Witschel mengakui, peran perusahaan asal Jerman dalam proyek konstruksi di Indonesia sering tidak kentara. Namun, mempunyai posisi vital dalam proyek.

“Terkadang peran perusahaan Jerman tidak terlalu terlihat, subway Jakarta itu Jepang, tapi ada bagian yang secara engineering dikerjakan oleh perusahaan Jerman. Jadi kalau ada power plant dibangun perusahaan Jepang, turbin dari Siemens, Jerman,” ungkap Witschel.

Selain itu, Witschel juga meyakini, kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan Jerman akan terus meningkat.

“Jerman adalah mitra dagang terbesar Indonesia dari kawasan Uni Eropa. Indonesia surplus dagang dengan Jerman karena itu saya percaya CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) Uni Eropa-Indonesia akan berjalan dengan baik,” tuturnya.

Sumber :

http://www.merdeka.com/uang/indonesia-gencar-bangun-infrastruktur-jerman-kecipratan-untung.html

Check Also

Tantangan RCEP mendongkrak ekspor

Pembahasan kesepakatan kerjasama Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) sampai saat ini terus berlanjut dan cukup …

Tinggalkan Balasan