Rabu , 23 Agustus 2017
iden

Pasar Bebas yang Meghacurkan Pertanian

serie 2Pasar Bebas yang Meghacurkan Pertanian

Penulis:
IGJ

Deskripsi:
Gerard Greenfield adalah seorang peneliti di lembaga Focus on the Global South, Bangkok, Thailand. Seri Keadilan Global edisi Pertanian kali ini mecoba untuk menterjemahkan tulisa dari Gerard Greenfield.
Buku setebal 37 halaman ini memiliki judul asli: Free Market Freefall; Declining Agriculture Commodity Prices.

Ringkasan :

Dunia saat ini menurut sedang dibawa menuju proses perdagangan dan proses produksi yang membuat para petani tidak banyak memiliki pilihan. Bak peribahasa dimakan ibu mati tidak timakan bapak mati.

Ini karena proses produksi dan perdagangan telah dikuasai oleh perusahaan multinasional agribisnis. Pemodal-pemodal raksasa itu mengendalikan dari hulu ke hilir. Dari proses penyediaan benih, input-input pertanian, bahkan penguasaan lahan. Kemudian setelah tanaman dipanen, kendali belum berhenti, pola pemasaran, pengolahan paska produksi, penjualan ke luar negeri, semuanya dikendalikan. Perusahaan-perusahaan itu juga meguasai distribusi dan retail, samai produk pertanian dipajang di rak-rak supermarket. itu bahkan menguasai alat-alat yang lainnya, distribusi air, perbankan dan lainnya.

Belum cukup, perusahaan-perusahaan raksasa itu mempengaruhi Organisasi Perdagangan Dunia untuk mengatur pertanian di tingkat global. Dalam bukunya, Greenfield memaparkan bahwa akses pasar yang selama ini dianggap penting ternyata cuma mitor. negara-negara yang menerapakan pola pembangunan pertanian yang pro pasar tidak lebih makmur seperti yang diangankan.

Check Also

Access Delayed = Access Denied

About a third of the global population today or around 2 billion people have no …

Tinggalkan Balasan