Sabtu , 25 November 2017
iden

Indonesia dan Ancaman Perjanjian Perdagangan Bebas Bilateral

alex 2Indonesia dan Ancaman Perjanjian Perdagangan Bebas Bilateral

Penulis: Alexander C. Chandra

Deskripsi:
Karya tulis ini menganalisa perkembangan perjanjian bilateral (BTA- Bilateral Trade Agreements)dikawasan Asia Timur. Meningkatnya jumlah BTA dikawasan ini diakibatkan oleh menguatnya keinginan untuk memperkuat regionalisme diantara negara-negara di Asia Timur, khususnya dibawah payung ASEAN plus tiga (APT – ASEAN Plus Three).

Fenomena perdagangan ini perlu dipelajari lebih lanjut, khususnya mengenai implikasi yang mungkin dihadapi oleh masing-masing negara yang terlibat dalam jenis pedagangan bebas seperti ini.

Karya tulis ini dibuat dengan tujuan untuk menganalisa dampak yang akan ditimbulka oleh beberapa BTA di kawasan Asia Timur terhadap sektor pertanian dan Non pertanian, keamanan pangan, dan pembangunan desa dari salah satu negara ASEAN, Indonesia.

Lain halnya dengan negara-negara pendiri ASEAN pada umumnya, seperti Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina, Pemerintah Indonesia dapat dinilai lamban dalam proses pelaksanaan BTA dengan negara-negara non Anggota ASEAN.

Meskipun demikian, dengan maraknya penggunaan BTA sebagai bagian dari kebijakan ekonomi luar negeri negara-negara ASEAN lainnya, sangat memungkinka pemerintah Indonesia akan mengabil langkah yang sama untuk memulai BTA dengansalah satu atau ketiga negara-negara Asia Timur Laut maupun dengan negara-negara diluar kawasan Asia.

Download Buku : 

Check Also

ISU DIGITAL DI INDONESIA DAN TANTANGANNYA DALAM PERUNDINGAN FTA

Digital Rights??? Penggunaan massif internet oleh publik secara tidak sadar telah menyerahkan data-data pribadi yang …

Tinggalkan Balasan